Sejak Pandemi
1,5 tahun sudah kita berhadapan dengan pandemi yang entah kapan akan berakhir ini, tapi sih melihat perkembangan kasus covid-19 yang terus menurun rasanya kita perlu yakin ya bahwa pandemi ini akan segera berakhir, ya segera. Pandemi yang berlangsung 1,5 tahun lamanya sedikit banyak telah memberi dampak termasuk membuat ekonomi menjadi lumpuh bahkan kemarin ekonomi negeri sempat mengalami resesi. Tentu kelumpuhan ekonomi ini bukan satu hal yang menguntungkan tapi sebaliknya sangat merugikan, dunia UMKM adalah yang paling merasakan dampaknya.
Usaha yang dirintis dari nol, modal yang sudah dikeluarkan, laba yang sudah didapatkan berkurang bahkan hilang dalam hitungan bulan. "Jangankan dapat laba untuk menutupi modal saja sulit", begitu kata mereka yang berjuang dengan UMKM. Saya adalah salah satu yang merasakan dampak pandemi, saya merintis usaha membuka warung beras kecil-kecilan di rumah, menjual pulsa, token dan kawan-kawannya. Selama pandemi sangat terasa sekali perbedaannya, sepi pembeli, tapi meski begitu saya harus yakin bahwa ada Allah yang sudah mengatur semua rezeki. Tugas manusia hanyalah berusaha dan berdoa, salah satu usaha yang saya lakukan adalah dengan mencoba berjualan online lebih semangat lagi. Saya mencoba menjual kurma, kurma muda, buku, poster edukasi hingga tahu crispy dan semua melalui online.
Ya, saya melihat sejak pandemi semua menjadi serba online bukan tanpa alasan memang, keterbatasan langkahlah yang mengharuskan kita semua untuk bersabar menjalani aktivitas secara online di rumah saja. Pemberlakuan PSBB dan PPKM yang baru saja diperpanjang hingga 1 pekan ke depan membuat ruang gerak menjadi terbatas. Tapi meski begitu sebenarnya Allah hanya membatasi langkah, hanya membatasi gerak kita bukan membatasi rezeki kita.
Jika kita sebagai produsen maka kita bisa mencoba berjualan online, jika sebagai konsumen kita bisa berbelanja online dan ini bisa menjadi salah satu solusi dalam memenuhi kebutuhan di masa pandemi. Apalagi kini semakin banyak ekspedisi yang menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan saat kita menggunakan jasa ekspedisi tersebut, apakah itu berupa potongan ongkos kirim, cashback, COD dan yang lainnya. Tentu ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri saat berbelanja atau berjualan online, siapa coba yang tidak ingin dapat ongkos kirim yang murah? Semua ibu-ibu pasti ngincer kan ya? Tapi satu hal yang harus diperhatikan saat memilih jasa ekspedisi adalah bukan hanya tentang murahnya tapi bagaimana ekspedisi tersebut mampu memberikan keamanan dan kenyamanan dalam pelayanan. Nah, diantara sekian banyak jasa ekspedisi yang ada, TIKI menjadi salah satu ekspedisi favorit saya dan keluarga, mengapa? Sebelum dibahas, kita kenalan dulu dengan TIKi ya!
Tentang TIKI
TIKI adalah perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia yang berdiri di Jakarta pada tahun 1970. TIKI memiliki jaringan operasional yang meliputi 65 kota besar di Indonesia, didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan, lebih dari 3700 gerai dan lebih dari 6.000 karyawan di seluruh Indonesia. Selama TIKI beroperasi, TIKI telah berhasil meraih berbagai penghargaan. Tahun 2015 berhasil meraih Indonesia Wow Brand 2015 dari Markplus, dan Indonesia Most Favorite Women Brand 2015 dari MarkPlus. TIKI Self Service Machine dari Tras n Co, Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 dari Tras n Co, Indonesia E-Commerce Brand Award 2016, Superbrands Indonesia 2017 dari Superbrands Indonesia, Netizen Courier Service Choice 2017 dari Majalah Warta Ekonomi. Indonesia Business Development Award 2018" kategori "The Best Freight Forwarding Company in Service and Customer Satisfaction of the Year 2018 dan berbagai penghargaan yang lainnya. Berbagai penghargaan yang diraih oleh TIKI membuktikan bahwa TIKI adalah perusahaan jasa pengiriman profesional yang mampu memberikan produk dan pelayanan terbaiknya bagi para mitra TIKI di seluruh Indonesia.
Mengapa TIKI?
1. COD (Cash On Delivery)
Layanan COD adalah layanan dimana pembayaran barang dilakukan saat barang sudah diterima dan pembayaran dilakukan pada kurir yang mengantar. COD menjadi salah satu layanan yang paling diminati masyarakat dalam proses pembayaran barang saat belanja online. Alasannya beragam salah satunya untuk bisa memastikan barang yang dibeli dan membuat pembayaran menjadi lebih mudah karena tak perlu transfer ke ATM atau tak perlu memiliki mobile dan internet banking.
2. Packaging
Pengemasan menjadi salah satu persoalan yang cukup serius dalam mengirim barang, jika pengemasannya salah atau kurang baik maka itu bisa bedampak pada kondisi barang yang akan kita kirim apalagi barangnya berupa barang pecah belah ataupun elektronik. Nah, TIKI memberikan pelayanan pengemasan barang jika memang kita tak mempunyai peralatan yang cukup untuk mengemasnya. Saya memiliki pengalaman tersendiri tentang pelayanan pengemasan oleh TIKI, dulu saya pernah mengirimkan PS4 dari Bandung ke Tasik. PS4 ini kondisinya baru, kebayang ya khawatirnya saya bagaimana mengirim barang elektronik melalui ekspedisi dengan kondisi barang baru. Tapi beruntungnya TIKI mempunyai layanan asuransi sehingga kita tak perlu khawatir barang pecah atau hilang karena sudah terjamin asuransi. Selain itu barang dipacking seaman mungkin agar barang tetap utuh sampai tujuan, seingat saya saat itu dipacking dengan kayu juga untuk menghindari benturan-benturan dengan barang lain. Benar saja satu hari barang sudah sampai karena saya memilih produk TIKI ONS dan barang sampai dengan kondisi aman, tak ada cacat sedikit pun.
3. Mobile Apps
Selain gerai-gerai TIKI yang tersebar di seluruh Indonesia, TIKI pun memiliki mobile apps yang memudahkan kita dalam menggunakan jasa pengiriman. Melalui mobile apps ini kita bisa melakukan cek ongkos kirim, cek tracking, booking pengiriman, kita juga bisa mengetahui produk - produk TIKI bahkan terdapat games pula di aplikasi ini.
Itu adalah tiga dari sekian banyak layanan yang ada di TIKI dan alasan mengapa kita pakai TIKI. pickup delivery, putar, drive thru, layanan asuransi, real time tracking dan masih banyak lagi layanan TIKI yang bisa kita nikmati.
Produk TIKI
1. SDS (Same Day Service)
Kita bisa memilih produk ini jika kita ingin mengirimkan barang dengan cepat atau menerima barang dengan cepat di hari yang sama.
2. ONS (Over Night Service)
Seperti pengalaman saya mengirim PS4 saya menggunakan produk ONS agar produk sampai hanya daam satu hari saja, sehingga kemananannya pun terjamin.
3. TDS (Two Days Service)
Jika barang yang kita kirimkan atau yang kita terima tidak terburu-buru untuk dipakai maka kita bisa menggunakan produk TDS dimana barang akan sampai dalam 2 hari saja.
4. REG (Reguler)
Produk reguler ini menjangkau seluruh wilayah Indonesia dalam waktu 7 hari kerja, namun berdasarkan pengalaman saya memakai produk reguler TIKI sebelum 7 hari pun barang sudah tiba di alamat tujuan.
5. ECO (Economy)
TIKI memiliki produk dengan biaya yang murah sesuai dengan kantong dan kebutuhan kita tapi meski biaya murah, pelayanannya tetap sama maksimal terjamin kemanan dan kenyamanannya.
6. TRC (Trucking Service)
Produk TRC ini cocok bagi para penjual online yang akan mengirim barangnya lebih dari 10 kg, tidak hanya penjual online sebenarnya siappun yang akan mengirim barang di atas 10 kg maka bisa menggunakan produk ini.
7. INT (International)
TIKI tidak hanya melayani pengiriman dalam negeri saja tapi juga melayani pengiriman ke seluruh dunia dengan harga yang kompetitif.
Pengalaman Memakai TIKI
Sebagai konsumen dan sebagai penjual saya cukup sering memilih TIKI sebagai jasa pengiriman barang seperti saat membeli baso frozen dari luar kota, membeli alpukat, atau saat saya mengirim kurma, buku, poster dan barang lainnya yang saya jual. Produk TIKI yang sering saya pilih adalah ONS (Over Night Service) terutama saat mengirim makanan yang cepat basi seperti kurma muda, saya sangat nyaman memakai TIKI dengan produk ini karena terjamin keamanannya sehingga costumer pun merasa puas dengan barangnya.
TIKI, Solusi Pasti Aman dan Nyaman Berbelanja Online
Berbagai layanan yang ditawarkan menjadi kelebihan yang dimiliki TIKI sekaligus daya tarik tersendiri bagi para mitra TIKI. Salah satu layanan yang menjamin keamanan adalah layanan asuransi, mitra tak perlu takut mengirim barang elektronik, pecah belah atau barang berharga lainnya karena adanya layanan asuransi ini. TIKI membuktikan bahwa ia adalah perusahaan jasa yang betul-betul bertanggung jawab serta menjamin keamanan barang yang dikirim sehingga kenyamanan mitra pun tetap terjaga. Tak hanya layanan asuransi, sales counter 24 jam menjadi satu kelebihan yang mampu memberikan kenyamanan dan nilai plus tersendiri bagi TIKI karena tak semua jasa ekspedisi buka selama 24 jam sedangkan tak sedikit masyarakat yang mengirim barang di jam malam. Hal ini memberikan kemudahan bagi mitra yang ingin mengirim barang di malam hari apalagi jika sedang urgent kondisinya. Tak hanya menjamin keamanan, TIKI pun selalu berusaha hadir memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik untuk para mitranya.
0 komentar