GASSS TERUS SEMANGAT KREATIVITASNYA! JNE, INOVASI MEMBAHAGIAKAN GENERASI


JNE, adalah ekspedisi pertama yang saya kenal dulu dalam dunia pengiriman barang. Mengapa? karena gerainya paling dekat dengan rumah dan gerainya paling mudah ditemukan, satu lagi JNE juga menjadi ekspedisi dengan ongkos kirim paling murah. Ini tentu bukan gimmick, tapi betul-betul pengalaman pribadi selama melakukan transaksi pengiriman dan penerimaan barang.


Profil JNE

 

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE berdiri pada tanggal 26 November 1990, dimana JNE memulai kegiatan usahanya dengan impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia. Seiring berjalannya waktu kegiatannya terus berkembang sehingga tidak hanya impor saja tapi juga pengiriman barang dalam negeri. Kini tak terasa, sudah lebih dari 3 dekade JNE menjadi bagian penting dalam dunia pengiriman barang.

Berdiri 30 tahun yang lalu, JNE memiliki visi yaitu “Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global”.  Visi ini dapat tercapai dengan misi yang terus dijalankan melalui produk dan layanan yang terus dikembangkan selama ini. JNE bukan hanya sekedar perusahaan pengiriman barang tapi juga JNE adalah perusahaan yang berusaha memberikan kebahagiaan kepada para pelanggan. Sesuai dengan slogan JNE yaitu Memberikan Kebahagiaan dari Generasi ke Generasi. Hal ini dibuktikan dengan berbagai layanan yang diberikan hingga saat ini.

 

Inovasi Tanpa Henti

 

Layanan JNE adalah bentuk kreativitas dan inovasi yang tiada henti mengikuti perkembangan zaman guna menjaga kepercayaan dan kebahagiaan pelanggan, sesuai dengan misiya yaitu Memberi Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten”. Adapun layanan-layanan tersebut diantaranya :

1.  JNE Express ( layanan pengiriman paket dan dokumen dalam negeri melalui lebih dari 8.000 titik layanan )

2.  JNE Freight ( layanan kiriman door to door untuk memenuhi kebutuhan kiriman ekspor )

3. JNE Logistics ( layanan transportasi, pendistribusian barang dan gudang )

4.  Roket Indonesia ( layanan pengiriman barang secara instan di dalam kota )

Kreativitas JNE ini adalah bentuk aksi nyata sebuah perusahaan pengiriman barang dalam menjaga stabilitas pelayanan ditengah gempuran berbagai ekspedisi yang baru hadir. Apalagi saat ini kita dihadapkan dengan era digital dimana semua hal mengharuskan kita untuk bersentuhan dengan tekonologi.


Teknologi Terkini

Berbicara teknologi, JNE adalah salah satu perusahaan ekspedisi yang terus mengembangkan diri. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa fitur serta aplikasi digital yang bisa diakses oleh para pelanggan. My JNE adalah salah satunya, ini adalah  aplikasi yang memudahkan pelanggan dalam melihat tarif pengiriman, cek lokasi  gerai JNE ataupun melakukan pemesanan pengiriman barang. Selain itu sistem tracking yang disediakan JNE bisa memudahkan pelanggan untuk melihat status pengiriman barang secara real-time.  Tak hanya itu, JNE pun memiliki JNE Loyalty Card ini adalah kartu member  yang disediakan bagi para pelanggan setia JNE dengan memberikan berbagai keuntungan seperti kecepatan layanan, potongan harga pada saat periode promo, dan hadiah undian yang sangat menarik. 

 

Kebahagiaan Pelanggan, Kebahagiaan Karyawan

 

Pernah mendengar bahwa kebahagiaan itu menular? Konon katanya orang akan merasa baik (feel good) ketika bisa memberi kepada orang lain. Paket-paket yang datang bisa memberikan kebahagiaan bagi penerimanya, paket yang dikirim bisa menjadi kebahagiaan pula bagi pengirimnya. Begitu pula kebahagiaan karyawan JNE mendapat banyak paket untuk dikerjakan menjadi kebahagiaan juga bagi para pengguna layanan JNE. Apalagi JNE memiliki program partner yang bekerjasama dengan para UMKM  untuk membantu menyalurkan paket kepada customernya. Betapa bahagianya UMKM ketika mendapat banyak orderan dan betapa baahagianya para karyawan mendapat orderan jasa pengiriman.
Tak salah jika slogan connecting happines menjadi slogan andalan dan benar bukan hanya sekedar tulisan. Tapi connecting happines ini nyata terasa, dirasakan oleh pelanggan dan juga para karyawan.


Gaaas Terus Semangat Kreativitasnya

 

Bertahan dalam kurun waktu 3 dekade tentu bukanlah hal yang mudah apalagi tanpa semangat dan kreativitas yang tinggi. Namun JNE mampu membuktikan bahwa JNE adalah perusahaan logistik yang mampu bertahan dengan berbagai tantangan yang datang. Bahkan di tahun 2024 ini JNE sudah mendapatkan kurang lebih 12 penghargaan. Mulai dari Digital Popular Brand 2024 Category Courir Service, Shopee Super Awards Kategori Logistic Partner, Penghargaan UMKM Summit 2024 dan penghargaan yang lainnya.
 
“Gaaas Terus Semangat Kreativitasnya” bukan hanya sekedar slogan tapi ini bisa menjadi pegangan yang kuat bahkan ajakan bagi sekitar untuk terus semangat dan siap menghadapi berbagai tantangan yang ada di depan. Slogan ini pun tentu tidak bisa digaungkan oleh hanya 1 orang saja tapi harus ada sinergi antara pimpinan dan seluruh karyawan JNE agar slogan ini bisa menjadi ruh bagi perusahaan. Slogan ini tak akan berarti apa-apa tanpa ditunjang dengan nilai-nilai perusahaan yang selama ini dipegang dan dijalankan. Semoga nilai Jujur, Disiplin, Tanggug Jawab dan Visioner akan terus dilaksanakan guna menjadikan JNE perusahaan yang kompetitif dan terdepan.

 

Penutup

 

Tiga dekade bukanlah waktu yang sebentar untuk bertahan dalam menjalankan sebuah perusahaan apalagi ditengah berbagai tantangan, kesulitan hingga kompettitor yang berdatangan. JNE mampu membuktikan bahwa itu semua bukanlah halangan untuk terus bertahan bahkan mampu berkembang dengan terus berinovasi, berkreasi menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi. Di usianya yang lebih dari 3 dekade ini JNE terus berusaha memberikan layanan terbaiknya, menularkan semangat dan kebahgiaan bukan hanya kepada pelanggan tapi juga kepada para karyawan. Slogan “Gaaas Terus Semangat Kreativitasnya” menjadi satu penyemangat tersendiri dan mengandung nilai optimisme akan keberhasilan JNE untuk menjadi perusahaan logistik terdepan sesuai dengan visi misinya. Slogan ini pun harus menjadi suntikan energi bagi 50.000 karyawan JNE di 83.000 kota dengan lebih dari 8.000 titik di seluruh Indonesia.
 
Gaaas Terus Semangat Kreativitasnya!




 #JNE  #ConnectingHappiness  #JNE33Tahun  #JNEContentCompetition2024  #GasssTerusSemangatKreativitasnya  

0 komentar